Friday, October 4, 2019

Alasan Samsung Sematkan NFC di Galaxy A30s


 ONEBET TECH - Samsung mengungkap alasan kehadiran fitur NFC di perangkat Galaxy A30s terbaru karena tren pembayaran elektronik atau e-money dinilai bakal terus berkembang di Indonesia.

Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Irfan Rinaldi mengatakan pihaknya menghadirkan fitur NFC pun berdasarkan hasil survei internal. Hasilnya, ada permintaan dari pengguna untuk menghadirkan fitur ini pada ponsel terbaru Samsung.Agen Domino 99 Terpercaya

"Kalo diliat juga tren menggunakan e-money payment itu masih akan terus berkembang di 2019. Mungkin di negara lain payment-nya sudah QR aja tidak pakai NFC lagi tapi kalau di sini ada kebutuhan khusus untuk transportasi," ujarnya kepada awak media di Jakarta, Kamis (26/9).

"Jadi kita tidak cuma ajuin, 'eh minta dong' tapi memang benar-benar ada proses gimana kita lihat di media, lihat di komentar sosial media terus kita research (teliti) juga kuali(tatif) dan kuanti(tatif) dan ternyata memang benar ada demand (permintaan)-nya," sambung Irfan.

Menurut Irfan, berdasarkan data internal Samsung dulu permintaan fitur NFC hanya 1 hingga 2 persen. Sementara permintaan atas fitur kamera tetap teratas dengan angka 30 persen, diikuti dengan permintaan kapasitas baterai.

Namun saat ini, menurut Samsung permintaan NFC makin meningkat. Bahkan Samsung menilai permintaan ini sudah sejajar dengan fitur keamanan biometrik sebesar 6 hingga 8 persen.

"Dijejerin dulu ya misal fitur smartphone, kamera pasti yang paling atas misalnya tingkat kepentingannya 30 persen kemudian disusul sama baterai 20 persen. Kalau dulu NFC bisa dibilang 1 atau 2 persen tapi sekarang sudah dijajal sama kepentingannya fingerprint scanner kalau tidak salah 6-8 persen bobotnya," jelas Irfan.

Kendati demikian, Samsung tidak mematok harga mahal untuk seri ponsel yang disematkan fitur NFC.

"Enggak, maksudnya tidak sampai kita bikin harga sampai mahal gitu. Yang pasti kita tentunya smartphone, misal kayak A50s ada improvement tapi kita sebisa mungkin menjaga harganya sama," pungkas Irfan.

Saat ini, fitur NFC pertama kali hadir pada varian Galaxy A30s guna memudahkan pengguna untuk melakukan proses transaksi digital dengan hanya melakukan satu kali tap pada bagian belakang ponsel. Ponsel ini dibanderol dengan harga Rp3,29 juta untuk kapasitas memori 4GB+64GB.

No comments:
Write comments