Friday, June 22, 2018

OnePlus 6 adalah Oppo R15 yang Berganti Merek?


Beberapa pengguna Android menganggap jika perangkat lama OnePlus memiliki kemiripan dengan perangkat Oppo. Termasuk flagship Oppo R15 yang disebut-sebut menjadi "rebranding" OnePlus 6 dari beberapa sudut.Agent Domino 99 Terpercaya

Bahkan beberapa diantaranya membandingan dengan Vivo X21. Jika dilihat dari ukuran display, memang ketiganya memiliki bentang yang sama yakni 6,28 inci dengan bonus notch. Panel OLED dan resolusi yang diusung juga sama 2280 x 1080 piksel.
 
Bingkai mukanya sama-sama terbuat dari alumunium serta panel punggung kaca yang melengkung, meski konturnya terasa berbeda. Mereka juga masih menyisakan colokan headphone jack, kendati posisinya berbeda.

Masih banyak lagi spesifikasi yang kerap dimirip-miripkan, termasuk kamera, kapasitas RAM dan fitur fast charging Dash milik OnePlus serta VOOC milik Oppo yang serupa.

Lantas, dengan segala spesifikasi yang dibandingkan tersebut, apakah benar jika OnePlus 6 adalah "rebranding" atau upgrade dari cetak biru Oppo R15 yang rilis dua bulan lebih awal dibanding Oneplus 6?

Dari segi desain

Meskipun sisi muka sama-sama memiliki notch, perlu diingat jika OnePlus dan Oppo bukan satu-satunya merek Anadroid yang menyematkan desain "poni" layar itu.  Dilihat dari karakteristik lengkungan display di sisi atas dan bawah, OnePlus 6 diklaim tampak lebih natural ketimbang Oppo R15.

Dari sisi belakang pun terlihat perbedaan yang mencolok. Modul dual kamera OnePlus dirangkai vertikal di tengah, berurutan dengan sensor fingerprint di bawahnya. Sementara kamera ganda Oppo R15 tersusun secara horisontal di sisi tepi atas dan sensor fingerprint ditengah punggung.


Sedangkan Vivo X21 tidak memiliki pad sensor pemindai sidik jari di punggung seperti dua perangkat sebelumnya. Vivo X21 membenamkan sensor pemindai sidik jari di display dan menjadikannya tren flagship Android saat ini.

Soal warna, Oppo R15 dan OnePlus 6 pun membawa ciri khas masing-masing. OnePlus 6 hanya meluncur dalam warna glossy atau matte black. Lain halnya, Oppo lebih berani bereksperimen soal warna di perangkatnya.

Oppo R15 kelir merah misalnya, disepuh dengan gradiasi warna gelap ke terang di sepanjang punggung kacanya. Dan permainan warna yang ditawarkan Oppo menjadi keunggulannya dibanding One Plus atau Vivo.

Dari segi spesifikasi hardware

"Jeroan" yang diandalkan juga berbeda. Oppo R15 Pro dan Vivo X21 mengandalkan Qualcomm Snapdragon 660, prosesor andalan ponsel mid-range pada umumnya dan micro USB.

Setingkat lebih tinggi, OnePlus 6 dipersenjatai Snapdragon kelas flagship, Snapdragon 845 dan USB-C, sebagaimana yang diterapkan ponsel papan atas lain. SoC yang dipakai OnePlus 6 tak hanya membuatnya lebih cepat saat dioperasikan.

Kegarangan Snapdragon 845 juga mempengaruhi komponen lain seperti kamera dengan meningkatkan kinerja image sensor processor yang hasilnya lebih baik dibanding Snapdragon 660.

Seperti yang diketahui, Oppo dan Vivo berlomba-lomba sebagai "ahlinya selfie", sehingga resolusi kamera depannya lebih diunggulkan dibanding OnePlus 6.

Tak hanya soal spesifikasi yang kerap dibandingkan.  Tak sedikit yang mengaitkan hubungan bisnis antara OnePlus, Oppo dan Vivo. Beberapa di antaranya mempertanyakan apakah benar ketiganya berdiri sendiri tanpa satu induk perusahaan yang sama.

Keterkaitan perusahaan 

Banyak berita beredar jika Oppo, Vivo dan OnePlus berada di satu induk sama, yakni BBK Electronics. Khusus OnePlus, banyak kabar mengatakan jika perusahaan ini adalah anak perusahaan Oppo.

Dilansir KompasTekno dari The Verge, Kamis (21/6/2018), jika dirunut dari masa lalu, OnePlus dan Oppo memang memiliki keterkaitan. Namun, keterkaitan tersebut hanya perkara co-founder sekaligus CEO OnePlus, Pete Lau yang merupakan mantan teknisi di Oppo dan berkarir disana selama kurang lebih 10 tahun.

Sementara itu, Vivo dan Oppo disebut didirikan oleh Duan Yongping, seorang miliuner asal China. Keduanya lalu berada di bawah naungan BBK. Namun, Oppo memberikan pernyataan jika perusahaanya tidak memiliki hubungan dengan BBK Electronics.

 "Oppo dan OnePlus beroperasi secara mandiri. Pendiri OnePlus sebelumnya, Pete Lau, bekerja di Oppo selama satu dekade.  Pete mendirikan OnePlus dengan visi untuk menawarkan smartphone flagship secara online. Dari perspektif Oppo, OnePlus melakukannya dengan baik. Dan Oppo tidak memiliki hubungan dengan BBK," jelas pihak Oppo kepada The Verge. Vivo pun menolak pernyataan tentang keterkaitan perusahaanya dengan Oppo.

"Vivo adalah perusahaan mandiri dan tidak terikat dengan perusahaan induk manapun. Kami berinvestasi untuk Research and Developement dan sumber daya pengembangan produk kami sendiri, tidak berbagi bersama Oppo, OnePlus atau merek lainnya baik dalam pengembangan software dan hardware," papar Vivo.

Vivo tak menyebut secara jelas apakah tidak adanya hubungan dengan induk perusahaan yang dimaksud, termasuk BBK Electronics. Saat berita ini ditulis, pihak BBK belum memberikan konfirmasi. Lalu, bagaimana dengan OnePlus?

"OnePlus dan Oppo adalah dua perusahaan yang berdiri sendiri. Reserach and Development, keuangan, kanal penjualan, pengoperasian harian dan sebagainya dijalankan secara mandiri. Dua perusahaan (Oppo dan OnePlus) hanya berbagi investor yang sama.

OnePlus mengambil jalur manufaktur yang sama dengan Oppo dan berbagi sumber rantai pasokan (hardware) yang sama dengan Oppo", jelas OnePlus.

Dari pernyataan OnePlus tentang satu pemasok yang sama dengan Oppo, maka cukup menjawab mengapa beberapa hardware keduanya memiliki persamaan, seperti bentuk charger VOOC dan Dash atau sensor kamera yang sama, IMX519.Domino 99

Segmen pasar ketiga vendor asal China tersebut agaknya sedikit berbeda. OnePlus, lebih menyasar pasar Eropa dengan smartphone papan atasnya. Sementara Oppo bersama Vivo, banyak membanjiri pasar negara berkembang seperti Indonesia dan India dengan smartphone papan tengah berbanderol terjangkau.

Meski untuk beberapa produk high-end, Oppo dan Vivo juga menyasar konsumen Eropa, bersaing dengan OnePlus.


Situs Poker Online Domino 99 BandarQ Paling TOP

No comments:
Write comments